Latar Belakang

Acara Akhirussanah ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diimplementasikan dalam Kurikulum Merdeka selama satu tahun. Dengan mengusung tema “Karyakarta,” acara ini menampilkan karya-karya siswa yang melibatkan tiga proyek: Budaya Betawi, Daur Ulang Sampah, dan Digitalisasi. Selain itu, acara ini juga menjadi momen penting untuk merayakan kelulusan dan wisuda siswa kelas 6 MI Ilham 1.

 

Arti “Karyakarta”

Nama “Karyakarta” merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Indonesia: “karya” yang berarti hasil cipta atau kreasi, dan “karta” yang berarti pekerja atau pembuat, serta mencerminkan kebanggaan terhadap ibu kota Jakarta dan budaya lokal Betawi. “Karyakarta” melambangkan semangat berkarya dan berkreasi dari para siswa MI Ilham 1 yang menghasilkan karya-karya luar biasa dan inovatif.

Hari & Tanggal

Senin, 10 Juni 2024

Waktu

08.00 WIB - Selesai

Tempat

Gedung IPC Walang, Jakarta Utara

Hari
Jam
Menit
Detik

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila MI Ilham I Tahun Ajaran 2023-2024

Daur Ulang

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya daur ulang sampah di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar. Siswa-siswa akan belajar tentang pengelolaan sampah, manfaat daur ulang, dan cara-cara untuk mendaur ulang sampah secara kreatif. Mereka akan membuat Ecobrick, yaitu botol plastik yang diisi dengan plastik-plastik kecil yang dapat disusun menjadi furnitur, dan karya-karya lainnya.

Budaya Betawi

Proyek ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Betawi kepada siswa dan masyarakat luas. Siswa-siswa belajar tentang tradisi-tradisi unik yang melekat pada budaya Betawi. Melalui proyek ini, mereka akan membuat pertunjukan palang pintu dan menyanyikan lagu "Sirih Kuning". Selain itu, mereka akan menyajikan makanan khas Betawi pada pameran ini.

Digitalisasi

Proyek ini bertujuan untuk memperlihatkan kemampuan siswa dalam teknologi digital melalui pembuatan coding game sederhana dan desain poster. Siswa-siswa akan belajar tentang dasar-dasar pemrograman dan desain grafis, serta menerapkannya dalam menciptakan karya-karya digital. Mereka akan membuat game sederhana menggunakan bahasa pemrograman tertentu dan mendesain poster yang menarik untuk mempromosikan nilai-nilai pendidikan atau pesan-pesan penting lainnya.

Untuk info lebih lanjut hubungi